BACA BASMALAH SEBELUM BEKERJA

Kamis, 02 Januari 2014

Pentingnya Menjaga Kebersihan Lingkungan

Puncakrinjani13.....Lingkungan yang indah dan bersih merupakan dambaan bagi kita semua. Lingkungan yang asri dengan rimbunnya pepohonan menjadikan kita dapat hidup lebih lama lagi. Keadaan seperti ini dapat kita wujudkan dengan menjaga lingkungan kita masing-masing dan tidak berpangku tangan apabila terlihat kotoran atau sampah yang menumpuk. Kebersihan itu bukan hanya tanggung jawab pemerintah tetapi tanggung jawab kita bersama.

Kebersihan lingkungan merupakan hal yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia dan merupakan unsur yang fundamental dalam ilmu kesehatan dan pencegahan. Yang dimaksud dengan kebersihan lingkungan adalah menciptakan lingkungan yang sehat sehingga tidak mudah terserang berbagai penyakit seperti demam berdarah, muntaber dan lainnya. Ini dapat dicapai dengan menciptakan suatu lingkungan yang bersih indah dan nyaman.

Dalam agama Islam juga diajarkan mengenai kebersihan lingkungan mencangkup kebersihan makan, kebersihan minum, kebersihan rumah, kebersihan sumber air, pekarangan dan jalan. Ini semua sesuai dengan hadits Nabi Muhammad SAW yaitu kebersihan adalah sebagian dari pada iman.


Kebersihan akan lebih menjamin kebersihan seseorang dan menyehatkan. Kebersihan tidak sama dengan kemewahan, kebersihan adalah usaha manusia agar lingkungan tetep sehat terawat secara kontinyu.

Bila sudah terbiasa menjaga kebersihan maka jika melihat tempat yang tidak bersih perlu segera kita bersihkan agar hilang dari pandangan mata. Semakin banyak kotoran yang dibiarkan menumpuk semakin tidak baik untuk dilihat yang lebih bahaya lagi akan mendatangkan berbagai penyakit atau wabah di sekitarnya.

Kebersihan lingkungan dapat tetap terjaga dengan sama-sama mengelola dan menjaga keasriannya. Sampah yang dibuang sembarangan akan cepat mendatangkan berbagai macam penyakit kalau tidak segera dibersihkan, dibakar atau ditanam. 

Musim penghujan telah datang semenjak beberapa bulan terakhir ini sehingga kita terus dipacu untuk menghadapi dan mempersiapkan segala kemungkinan yang terjadi akibat dari musim tersebut. Salah satu contohnya, dengan banyaknya kiriman sampah yang banyak dengan bau tidak sedap mengakibatkan bermunculan berbagai macam penyakit, diantaranya diare, demam berdarah dan lain sebagainya. Hal semacam ini dapat kita jaga dengan sama-sama bergerak untuk tidak membuang sampah sembarangan, membakar atau menanam barang bekas, minum air yang telah dimasak, membersihkan genangan air tempat bersarangnya nyamuk-nyamuk demam berdarah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar